Pages

Jumat, 04 Mei 2018

Resep Makanan Tradisional Klepon

Makanan Tradisional Klepon Manis Warna-Warni
Makanan Tradisional
Indonesia memang kaya dengan makanan khas tradisionalnya, terutama dengan jajanan kue pasar tradisional yang hingga kini masih banyak dicari dan bahkan sebagian diantaranya sudah dimodifikasi sehingga tampil dengan presentasi dan rasa modern namun tetap mengutamakan rasa asli dan tradisionalnya juga. 

Salah satu makanan tradisional Khas Jawa Timur yang juga banyak disukai adalah Klepon. Makanan ini juga sebenarnya sudah ditemukan dengan mudah di berbagai wilayah lain di Indonesia. Klepon adalah makanan tradisional yang terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih dan setelah dingin ditaburi dengan kelapa parut. 
Makanan Tradisional Klepon Manis Warna-Warni
Makanan Tradisional
Klepon ini umumnya menggunakan daun pandan sebagai pewarna hijau alami. Tapi, kali ini kita akan coba membuat inovasi dengan membuat klepon warna warni ala Gulaku. Gulaku Tebu Kunning adalah tambahan pemanis yang pas untuk membuat aneka kue tradisional seperti halnya klepon ini. terbuat dari tebu pilihan, sudah pasti Gulaku tebu kuning terjaga kualitasnya dan kita juga akan mendapatkan aroma caramel alami dari Gulaku Tebu Kuning ini. 

Adapun bahan-bahan untuk membuat klepon warna-warni adalah: 
  • 200 gram tepung ketan 
  • 50 gram tepung beras 1 sdt air kapur sirih Pewarna makanan warna-warni secukupnya 
  • 1/2 sdt garam 
  • 150 ml air 
  • 150 gram gula merah, iris halus 
  • 50 gram Gulaku Tebu Kuning 
  • Kelapa parut secukupnya 
Cara Membuat: 
  1. Campur tepung ketan, tepung beras, kapur sirih, garam hingga rata. 
  2. Tuang air sedikit demi sedikit, aduk rata hingga adonan dapat dicetak. 
  3. Bagi adonan ke dalam beberapa wadah, sesuai dengan jumlah warna, lalu berikan pewarna makanan dan aduk lagi hingga warna dan adonan tercampur dengan merata.
  4. Ambil adonan secukupnya (kurang lebih 1 sendok teh), bentuk bulatan, pipihkan, isi dengan gula merah yang sudah di campur dengan Gulaku Tebu Kuning, lalu buat menjadi bulatan. Pastikan seluruh gula merah tertutup adonan. 
  5. Rebus adonan dalam air yang telah mendidih di atas kompor. Tunggu hingga adonan mengapung, lalu angkat, tiriskan. 
  6. Gulingkan klepon di atas parutan kelapa, sajikan.

0 komentar:

Posting Komentar