Pages

Jumat, 11 Agustus 2023

Penting Ibu Tahu! Obat Ruam Popok Pada Bayi



Kesakitan pada bayi sering kali terjadi, terkadang juga membuat orang tua jadi panik karena anak jadi rewel dan sulit dikendalikan. Salah satu kesakitan yang terjadi pada anak yaitu ruam popok, namun jika tidak terlalu parah sebenarnya ada obat ruam popok pada bayi yang bisa kita temukan di jual bebas.

Apa saja obat tersebut? Yuk kita ketahui disini.

Obat Ruam Popok Pada Bayi

Biasanya yang digunakan untuk mengobati ruam pada bayi yaitu berupa obat oles atau krim. Jika membeli obat oles atau krim pastikan memiliki beberapa kandungan seperti zinc oxide, zinc gluconate atau petroleum jelly. Biasanya anak akan sembuh dalam jangka waktu 2 hari.

Namun kalau dalam jangka waktu 2 hari tidak membaik, maka ada baiknya Anda periksakan anak ke dokter.

Selain mengobati maka orang tua wajib tahu cara pencegahannya dengan mengenali penyebab dari ruam popok. Nah apa saja penyebabnya?

  1. Karena Kondisi Popok yang lembab

Popok tidak mempunyai daya serap yang baik, sehingga menjadikan kondisi jadi lembab. Inilah yang membuat kulit bayi jadi ruam karena popok terlalu lembab dan sirkulasi udara yang ada di area bokong dan sekitarnya yang tertutup oleh popok. 

Salah satu untuk mencegah kondisi terlalu lembab pada kulit bayi tersebut, maka bisa menggunakan MAKUKU sebagai salah satu popok yang menggunakan teknologi SAP. Tentu akan membuat kulit bayi, tetap menjadi kering.

  1. Popok Bayi terlalu ketat

Pastikan Ibu memilih popok dengan ukuran yang tepat, karena jika terlalu ketat maka akan menyebabkan gesekan antara kulit bayi dan popok yang lembab tersebut. Sehingga ini bisa menimbulkan iritasi pada kulit, maka dari itu sebaiknya hindari popok bayi yang terlalu ketat. 

  1. Dikarenakan Makanan yang dikonsumsi

Dari beberapa makanan yang dikonsumsi bayi bisa membuat ruam popok, Contoh beberapa Jenis makanan yang bisa memicu ruam popok bayi yaitu seperti  makanan asam, makanan pedas, makanan alergen sampai dengan makanan dengan kandungan tinggi gula.

Selain dari beberapa penyebab yang disebutkan tentunya masih ada penyebab yang lainnya. Informasi diatas terkait obat ruam popok pada bayi dan penyebabnya semoga bisa menjadi informasi yang membantu ibu-ibu dalam menyelesaikan masalah kesakitan yang dikarenakan ruam popok pada anak.

0 komentar:

Posting Komentar