Pages

Rabu, 30 Agustus 2023

Panduan Lengkap: Cara Agar Bayi Pipis Lancar dengan Cara Mudah



Masalah pipis pada bayi, tentunya dapat membuat setiap orang tua menjadi khawatir karenanya. Tapi tenang terdapat berbagai cara agar bayi pipis lancar yang bisa Anda lakukan di rumah secara mudah. 

Sebelumnya, penting juga untuk Anda mengetahui berbagai penyebab terjadi permasalahan pipis pada bayi ini. Biasanya permasalahan utamanya adalah karena terjadinya Infeksi saluran kemih (ISK), frenulum yang terlalu pendek, phimosis, stenosis uretra, dan dehidrasi.  

Cara Mengatasi Masalah Pipis Pada Bayi 

Untuk berbagai cara agar bayi pipis lancar yang bisa Anda lakukan sebagai orang tua, diantaranya adalah sebagai berikut: 

  • Berikan Cairan yang Cukup

Mengingat salah satu penyebab permasalahan pipis pada bayi ini adalah dehidrasi, maka pastikan untuk memenuhi cairan dalam tubuh si kecilnya. 

Anda bisa memberikan ASI atau susu pertumbuhan, yang bisa membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh, dan membuat urin menjadi lebih encer. 

  • Berikan Pijatan Ringan

Bila bayi sudah mandi atau sedang dalam pergantian popoknya, berikan pijatan ringan di sekitar area perut dan panggul si kecil.

Sebab dengan memberikan pijatan ini, selain bisa menjaga kesehatan sistem pencernaannya, juga dapat membantu merangsang aliran pipis pada bayi. 

  • Hindari Pemilihan Popok yang Terlalu Ketat

Pemilihan ukuran popok ternyata juga bisa menjadi penyebab permasalahan pipis pada bayi juga loh!

Untuk itu, pastikan Anda memilihkan popoknya dengan ukuran yang pas dan tidak terlalu ketat ketika dipakai. Sebab popok yang ketat bisa menghambat aliran pipis pada si kecil. 

Anda bisa membelikan popok dari MAKUKU, yang menyediakan popok dengan berbagai ukuran yang tepat untuk setiap bayi. 

  • Berkonsultasi dengan Tenaga Medis

Bila Anda tetap melihat tidak ada perubahan yang mencolok pada pola buang air kecil pada bayi, lebih baik langsung berkonsultasi saja dengan dokter terdekat. 

Setidaknya mereka akan memberikan nasihat yang lebih rinci dan spesifik terkait cara-cara yang tepat untuk bisa Anda lakukan.

Selalu ingat bahwa setiap bayi memiliki keunikannya masing-masing. Dan tentunya cara agar bayi pipis lancar ini, mungkin bisa efektif untuk satu bayi dan ada juga yang tidak sama. 

0 komentar:

Posting Komentar