Pages

Selasa, 06 Oktober 2020

Tips Cerdas Supaya Anak Tidak Kecanduan Gadget

Apakah anak Anda sudah mulai menggunakan gadget ? apabila iya tentunya jangan heran, karena segala sesuatu bisa dipelajari dengan mudah apabila kita mulai dari usia dini. Termasuk gadget yang sudah ada di keseharian. Nah berikut cara supaya mencegah anak kecanduan gadget. Berikut ulasannya.

1 . Mengawasi Si Kecil Menggunakan Gadget

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan meletakkan smartphone atau gadget apapun di ruang keluarga serta bukan di kamar anak. Selain itu juga Anda bisa mengawasi selama mereka menggunakannya. 

Disisi lain, Anda pun dapat sesekali mengikuti kemauan si kecil seperti main bersamanya atau juga menanyakan apa yang membuat mereka tertarik dengan permainan ataupun tontonan yang mereka tonton.



2 . Gunakanlah Aplikasi Gadget Sesuai Usia

Hal penting untuk menghindari anak kecanduan gadget yaitu dengan memastikan si kecil menggunakan aplikasi ataupun video yang dimana sesuai dengan usianya. Disisi lain, jangan memberikan izin pada si kecil apabila mereka ingin sekali mempunyai email maupun akun media sosial apabila usianya belum cukup.

3 . Menetapkan Waktu Bebas Gadget

Sebagai orang tua, tentunya harus bisa menetapkan atau menentukan waktu dimana bebas dari gadget. Hal tersebut tentunya sangat penting sekali supaya tidak selalu bergantung dengan gadget. Contohnya seperti ketika berjalan di tempat umum, ketika makan, ketika mereka sedang bermain dengan temannya. Nah peraturan ini juga berlaku untuk Anda sebagai orang tua.

4 . Berikanlah Contoh yang Baik

Seperti yang kita ketahui bahwa anak bisa meniru ataupun melihat ketika orang tuanya melakukan berbagai hal salah satunya Anda menggunakan gadget untuk hal – hal yang positif serta dengan cara yang tepat. Maka dari itu Anda bisa memberikan contoh yang baik bagi mereka.

Oleh karena itu Anda bisa menggunakan gadget dengan cara yang tepat serta sesuai dengan porsi yang tepat juga supaya anak terhindar dari kecanduan gadget.

Sekian informasi yang bisa diberikan untuk Anda seputar mengatasi anak kecanduan gadget. Semoga dengan adanya hal ini bisa menjadi referensi untuk Anda demi mendidik si kecil menjadi seorang generasi unggul.


0 komentar:

Posting Komentar