Pages

Senin, 30 Oktober 2023

Langkah Tepat Menghindari Iritasi Popok Pada Bayi



Ruam popok atau iritasi popok pada kulit bayi bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari karena kulit yang terlalu lama kontak dengan urin dan feses, gesekan dari popok, hingga popok yang terlalu lembab akibat jarang diganti.


Ya, kulit bayi memang masih sensitif sehingga rentan mengalami iritasi popok. Hal tersebutlah yang kemudian dapat menimbulkan kemerahan pada area kulit yang tertutup popok sehingga tentu membuat si Kecil merasa tidak nyaman.


Nah untuk menghindari resiko gangguan tersebut, Anda sebagai orang tua bisa menerapkan beberapa langkah berikut ini.


  1. Pastikan kulit bayi selalu kering dan bersih

Agar si Kecil bisa terhindar dari iritasi atau ruam, maka pastikan kulit di area yang tertutup popok terjaga kebersihannya dan tetap kering. 


Sebelum menggunakan popok, pastikan kulit si Kecil benar-benar bersih dan kering. Seka area kulit dengan air dan keringkan dengan menepuknya secara lembut menggunakan handuk atau kain. 


  1. Rutin mengganti popok

Penggunaan popok yang sudah penuh dengan cairan atau kotoran dalam jangka waktu yang lama merupakan salah satu penyebab terjadinya iritasi pada kulit bayi.


Mengingat hal tersebut, pastikan Anda rutin mengganti popok yang digunakan si Kecil, atau setidaknya segera ganti ketika popok sudah kotor untuk menghindari terjadi iritasi pada kulitnya.


  1. Sesuaikan ukuran popok dengan pinggang 

Pemilihan ukuran popok juga merupakan salah satu hal yang tidak boleh luput dari perhatian. Untuk menghindari kelembaban berlebih pada area pinggang akibat pemakaian popok, maka sebaiknya para orang tua tidak memilih popok yang terlalu ketat.


Selain dapat menyebabkan lecet yang berujung iritasi, penggunaan popok yang terlalu ketat juga dapat membuat si Kecil tidak leluasa dalam bergerak dan akan merasa tidak nyaman.


Itulah dia beberapa langkah yang bisa para orang tua terapkan agar iritasi popok tidak terjadi pada sang buah hati. Selain yang sudah disebutkan diatas, jangan lupa pilih juga popok terbaik dari MAKUKU Diapers dengan daya serap tinggi serta lembut sehingga dapat meminimalisir ruam atau iritasi pada kulit bayi.

0 komentar:

Posting Komentar