Pages

Jumat, 06 Oktober 2023

5 Tanda Awal Kehamilan yang Terjadi Pada Perut



Tanda kehamilan yang paling umum tentu saja adalah telat haid atau menstruasi. Namun banyak wanita yang menstruasinya tidak teratur sehingga lebih sulit mengenali tanda awal kehamilan. Tenang saja, ada beberapa tanda pada perut yang mengindikasikan kehamilan. Apa saja? Artikel ini akan membahasnya untuk Anda!

Tanda Awal Kehamilan Pada Perut

Langsung saja, inilah tanda-tanda kehamilan awal yang terjadi pada perut:

1. Kram Perut Bagian Bawah

Implantasi sel telur ke dalam dinding rahim menyebabkan rasa kram pada perut bagian bawah. Biasanya, kram perut terjadi 10 sampai 14 hari setelah masa subur atau ovulasi. Waktunya bersamaan dengan jadwal menstruasi sehingga sering disalahkan artikan sebagai kram akibat menstruasi. Namun kram ini berlangsung lebih lama dari kram menstruasi.

2. Sakit Perut Bagian Bawah

Selain kram, bagian bawah perut juga terasa sakit. Namun biasanya sakit perut bagian bawah ini terjadi ketika usia kehamilan sudah memasuki 4 bulan. Peregangan pada ligamentum rotundum menyebabkan rasa sakit pada perut bagian bawah tersebut. Jangan khawatir karena sakit perut merupakan hal biasa pada kehamilan.

3. Mual

Ketidaknyamanan yang terjadi pada perut menyebabkan rasa mual muncul. Kemunculannya terjadi pada awal kehamilan yaitu sekitar 2 hingga 8 minggu setelah pembuahan. Biasanya rasa mual terjadi di pagi hari sehingga dikenal dengan sebutan morning sickness.

4. Perut Kembung

Wanita yang hamil muda biasanya juga merasakan perut seperti kembung. Bahkan banyak ibu hamil yang terus menerus ingin bersendawa. Pada umumnya, perut kembung dan rasa ingin bersendawa muncul pada usia kehamilan 11 minggu sampai mendekati masa persalinan.

5. Perut Mulai Membesar

Tanda selanjutnya tentu saja perut yang mulai membesar. Jika merasakan tanda kehamilan, Anda bisa mencoba memegang atau menekan perut secara lembut. Perut yang hamil terasa membuncit, keras, dan sedikit nyeri saat ditekan. Sementara perut besar akibat lemak tidak terasa sakit.

Nah, itulah tanda awal kehamilan yang terjadi pada perut Anda. Jika merasakan tanda-tanda tersebut, segera cek kehamilan menggunakan test pack. Mengetahui kehamilan sejak dini sangat penting untuk memastikan kesehatan janin. Selain itu, Anda bisa mengkonsumsi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. 

0 komentar:

Posting Komentar