Pages

Kamis, 18 Juni 2020

4 Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Sejak Dini

kecerdasan emosional
Kecerdasan emosional

Bunda, orang tua mana yang tidak senang memiliki anak penurut, suka membantu, berempati pada orang lain? Semua yang disebutkan adalah sesuatu yang dimiliki anak dengan kecerdasan emosional baik. Hampir semua orang tua menginginkan anak yang demikian. Namun, untuk memperolehnya tidak dapat secara instan. 

Semua dilakukan dengan proses dan teladan orang tua. Proses dan teladan tersebut dirangkum dalam cara meningkatkan kecerdasan emosional anak sejak dini di bawah ini. 


  • Mengajarkan Anak Mengenal Diri Sendiri 


Bunda dapat bertanya ketika ananda menangis, “Adik, sedih kenapa? Beritahu pula jika Bunda sedang marah tetapi bukan dengan berteriak. Cukup dengan tegas berkata, “Bunda marah deh dengan kakak karena hari ini….” Dengan ini anak akan tahu kapan emosi negatif akan keluar dan dapat mengendalikan diri. 

  • Melatih Anak Berbagi 


Pada dasarnya setiap anak balita mempunyai sikap egoisme yang cukup tinggi. Di sini peran orang tua sangat penting untuk mengajarkan mereka berbagai dan berempati kepada orang lain. Ajak mereka berbagi dengan teman jika membawa snack di saat bermain! Ajak pula mereka ikut menyiapkan paket jika Bunda ingin berbagi sembako kepada yang membutuhkan! Tidak lupa sesekali anak dapat diperlihatkan bahwa banyak orang lain yang kehidupannya tidak seberuntung mereka. 

  • Melatih Anak untuk Sabar 


Sabar menjadi pengendalian diri yang penting bagi anak dan saat mereka dewasa. Sabar dapat dijabarkan dengan sangat luas dalam perkembangan diri anak. Sabar tersebut mencakup; sabar dalam antrian, sabar dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, sabar ketika akan marah, dan sebagainya. 

  • Beri Anak Kasih Sayang yang Cukup 


Banyak buku parenting menyebutkan bahwa kasih sayang orang tua merupakan faktor yang paling penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Begitu pula dalam mencerdaskan sisi emosionalnya. Anak yang mendapatkan pelukan ketika sedih dan marah akan lebih mudah menerima dirinya sendiri. Dengan sendirinya emosi anak akan lebih stabil. 

Itulah 4 cara meningkatkan kecerdasan emosional anak! Sudahkan Bunda terapkan semua? Jika belum, yuk sama-sama melatih dan melakukannya agar kelak anak tumbuh menjadi pribadi yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar