Pages

Selasa, 19 November 2019

Pengaruh Probiotik Pada Kehamilan

kondisi janin
Apa saja sih Mom, zat gizi penting yang harus dipenuhi pada masa kehamilan? Pasti banyak sekali, ya. Misalnya asam folat, kalsium, dan zat besi. Ketiganya sangat penting untuk menjaga kesehatan dan membantu pertumbuhan janin di dalam rahim hingga tiba hari kelahirannya. Tapi tahukah Mom bahwa probiotik juga berpengaruh sangat penting pada kehamilan yang sehat? Jika kehamilan lancar, kondisi janin di dalam rahim juga sehat. 

Tidak sulit ya Mom, menjaga kesehatan janin sejak dini. Mom juga bisa mendapatkan informasi lain terkait gizi dan nutrisi selama kehamilan di situs Bidan Sela.
kondisi janin
Probiotik merupakan zat micronutrients yang penting dalam menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam saluran cerna. Berupa mikroorganisme hidup atau bakteri yang menjaga keseimbangan flora di dalam usus. Salah satu jenis probiotik yang kita kenal adalah bakteri lactobacillus. 

Fungsinya selain menjaga kesehatan saluran cerna, juga menjaga imunitas ibu hamil dan mencegah sembelit yang sering dialami ibu saat hamil. Pada beberapa kasus, minum yoghurt yang  merupakan sumber probiotik juga membantu mengatasi mual. Dengan fungsinya menjaga imunitas tubuh ibu, secara tidak langsung juga menjaga kesehatan kondisi janin di dalam kandungan. 

Ibu hamil yang rutin mengkonsumsi makanan sumber probiotik akan berefek pada bayi setelah dilahirkan. Bayi akan lebih tahan terhadap alergi. Bayi yang mendapat asupan probiotik selama di dalam kandungan juga akan jarang terkena diare, sindrom iritasi usus, peradangan usus, vaginosis bakteri, dan eksim atau penyakit kulit. 

Makanan sumber probiotik sangat mudah ditemukan, misalnya yoghurt, tempe, jus, dan susu. Konsumsi probiotik juga bisa dilakukan setiap hari. Untuk yoghurt disarankan satu hingga dua cangkir kecil setiap hari. Sementara susu maksimal 500 ml perhari. Namun jika Mom sedang mengalami gangguan kesehatan atau pencernaan, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan langganan Mommy. 

Nah, setelah mengetahui tentang pentingnya probiotik untuk menjaga kesehatan ibu dan janin selama masa kehamilan, Mom sebaiknya mulai mengkonsumsinya secara rutin mulai sekarang. 

0 komentar:

Posting Komentar